kelas : 7B
tugas : INFTK
BAB 1
Informatika dan Keterampilan Generik
A.
Informatika untuk Pelajar SMP
1.
Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan,
dan pembuat sistem komputasi, serta prinsip – prinsip yang menjadi dasar
perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan
matematika dan pengunaan computer untuk menyelesaikan masalah – masalah sains.
Istilah Informatika sepadan dengan istilah dalam Bahasa Ingriss Informatics,
computing, atau computer science.
Informatika
mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam sistem computer.
Menurut KBBI. Komputasi adalah : (1) penghitungan menggunakan computer;
(2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan – bilangan
berdasarkan urutan langkah.
Berpikir Komputasional adalah proses berpikir yang terdiri atas
perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar mengenai sistem dan persoalan.
Moda berpikir (thinking mode) didukung dengan pengetahuan teoretis dan praktis,
serta teknik menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang
belajar Informatika akan mendalami suatu “sistem komputasional” yang berfungsi.
2.
Yang Dipelajari Dalam Pelajaran Informatika
Dikelompokkan menjadi:
a.
Berpikir Komputasional (BK)
b.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
c.
Sistem Komputer (SK)
d.
Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
e.
Analisis Data (AD)
f.
Algoritma dan Pemrograman (AP)
g.
Dampak Sosial Informatika (DSI)
h.
Praktikal Lintas Bidang (PLB)
Penjelasan dari pelajaran di atas
adalah :
a.
Berpikir Komputasional, yaitu belajar
menyelesaikan persoalan sehari – hari seperti Informatika, Matematika, sains,
atau ilmu sosial.
b.
Teknologi Informasi dan komunikasi, yaitu
belajar membuat karya digital, E-mail, menggunakan peramban untuk mencari
Informasi, serta mengolah file dalam folder.
a.
Sistem komputer belajar mengenai definisi
komputer, sistem komputasi dan bagian – bagian computer dan fungsinya
b.
Menganalisis data, yaitu belajar tentang
Pengelolaan dan penyajian data
c.
Algoritma dan pemrograman, yaitu belajar membuat
program.
d.
Dampak sosial Informatika, yaitu belajar sejarah
perkembangan, peran, dan dampak positif dan negatif teknologi.
e.
Praktikal lintas bidang, yaitu belajar berkerja
sama dengan teman untuk membuat karya dan menyelesaikan masalah.
1.
Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
v
Beriman kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
v
Berkebhinnekaan global
v
Mandiri
v
Bergotong Royong
v
Bernalar
v
Kreatif
A.
Pengantar Keterampilan Generik
Ada 7 (tujuh) aspek praktika
informatika, yaitu :
1.
Membina budaya kerja masyarakat digital
2.
Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan
Tema Komputasi
3.
Mengenali dan mendefinisikan persoalan dengan sistem komputasi
4.
MEngembangkan dan menggunakan abstraksi
5.
MEngembangkan artefak komputasi
6.
Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan
mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi
7.
Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi
TIK dengan presentasi, visualisasi dan memperhatikan hak kekayaan intelektual
Bekerja dalam kelompok akan
mencakup semua aspek diatas, dan hasil kerja kelompok dipaparkan secara lisan
dan tertulis menjadi bahan presentasi, poster, atau karya lainnya. Oleh karena
itu perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis maupun menyiapkan bahan
paparan dalam grafis.
I.
Bekerja dalam Kelompok
Tugas dalam kelompok agar kalian
dapat berdiskusi dan mengerjakan tugas yang lebih besar dibandingkan dengan
mengerjakan seorang diri.
II.
Perencanaan Kerja Kelompok à dilakukan sebelum pekerjaan
dimulai akan bermanfaat bagi tim untuk hasil yang baik, efektif, dan efisien.
III.
Mengomunikasikan hasil Kerja, yaitu dengan
tampilan presentasi, demo produk, atau infografis
Comments
Post a Comment